Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Tahun Ini Tiap Desa Terima Dana Rp 800 Juta dari Pusat

Kamis, 21 Januari 2016 | 11:51 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi di desa bakal mendapat suntikan dana besar tahun ini, pasalnya pemerintah pusat melalui alokasi dana desa menyiapkan dana sebesar Rp600-800 juta perdesa.

Karena itu,  pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mendorong percepatan penyaluran dana desa untuk triwulan pertama pada tahun 2016. Ini dilakukan agar perputaran uang yang cepat bisa mendorong perekonomian masyarakat.

“Kalau bisa pengucuran dana desa lebih cepat, sehingga belanja pembangunan dipercepat juga. Apalagi anggaran untuk infrastruktur masing-masing desa  mebcapai Rp 600 – Rp 800 juta,” kata Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, Kamis 21 Januari.

Karena itu, pihaknya sudah meminta kepada kepala desa dan apaaturnya agar pemanfaatan dana desa ini, sesuai dengan aturan kemudian dalam membangun infrastruktur juga melibatkan tenaga kerja disana. Sehingga daya beli masyarakat desa bisa tetap terjaga, dan perputaran uang bisa berdampak juga untuk ekonomi di Sulawesi Selatan.



Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Kelurahan (BPKMDK), Mustari Soba mengaku sampai saat ini pengucuran dana desa untuk 2016  belum diketahui kapan akan dikeluarkan oleh Kementerian Pedesaan dan Daerah Tertinggal.

Halaman 2

“Makanya ada pelatihan untuk aparat desa, sehingga mereka paham apa yang harus dilakukan untuk anggaran desa nantinya. Data penerima dana desa sebanyak 2253  dengan anggaranya Rp 635 miliar di tahun 2015, sedangkan pada tahun 2016 Rp 1,42 triliun,” jelas Mustari.(*)


BACA JUGA