Gafatar

Walikota Makassar: Mantan Anggota Gafatar Jangan Dikucilkan

Selasa, 26 Januari 2016 | 17:31 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) rencana akan dipulangkan ke Makassar. Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, anggota Gafatar yang telah tobat jangan dikucilkan.

“Mantan anggota Gafatar ini jangan dikucilkan, melainkan ditemani sehingga para mantan Gafatar tidak kehilangan kepercayaan diri mereka,” kata Danny, usai menghadiri acara perayaan hari Nasioal Australia di Jalan Langgau, Selasa (26/1/2016).

Ia mengatakan, berdasarkan pantauan jumlah mantan pengikut Gafatar asal Makassar hanya sedikit dibanding dengan daerah lain yang ada di Sulawesi Selatan. Kata dia, selain itu, untuk kedatangan mantan Gafatar, tidak melakukan tindakan. Pihak keluarga para mantan dapat menjemput dan merangkul kembali keluarganya.

“Sementara yang saya lihat Makassar tidak terlalu banyak, lebih banyak di daerah. Saya kira mereka semua punya keluarga. saya kira mereka akan kembali ke pangkuan keluarganya masing-masing” kata Danny



Lebih jauh Ahli tata ruang ini mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, stekholder yang terlibat mulai dari Dinas Sosial, Satpol PP, Kesbangpol, LPM, Pemrinta tingkat Kecamatan akan mengawasi proses sosial di masyarakat dengan pendekatan-pendekatan berbasis komunitas.

Halaman 2

“Kita harus aktifkan RT, RW, kita aktifkan lorong.  Pendekatan komunitas seperti ini tentunya kalau ada misalnya teman-teman Gafatar bisa diselesaikan. Insyaallah paling menarik masyarakat sendiri yang berbasis Masjid, berbasis RT,RW berbasis kelurahan. Pendekatan kultural begini insyaallah akan menjadi solusi negeri ini,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA