Nasi Campur, Jalan Sunu, Rawon, Toppa Lada, Kuliner, Kuliner Makassar, Kuliner di Makassar
Nasi Campur Komplit di RM Djogoyudan yang dilengkapi dengan kuah rawon. (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)
#

5 Pilihan Menu Makan Siang Jika Sedang Berada di Jl Sunu

Kamis, 28 Januari 2016 | 11:00 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Nilam Indahsari - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Jika Anda sedang berada di Jl Sunu, tak perlu pusing mencari tempat makan siang. Pasalnya, di jalan ini ada beberapa warung yang menawarkan menu-menu yang relatif nikmat. Kali ini, GoSulsel.com menyuguhkan 5 menu dari sekian menu yang bisa ditemui di warung-warung jalan ini.

Berikut menu-menunya:

Nasi Campur Komplit
Nasi Campur, Jalan Sunu, Rawon, Toppa Lada, Kuliner, Kuliner Makassar, Kuliner di Makassar

Nasi Campur Komplit di RM Djogoyudan yang dilengkapi dengan kuah rawon. (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)

Menu ini berisi nasi, abon, sayur acar, telur, daging toppa lada, daging goreng ampal, dan kuah rawon. Rasanya campur baur, antara manis, asam, sedikit pedas, dan gurih. Nasi Campur Komplit bisa didapatkan di Rumah Makan Djogoyudan, berseberangan dengan Kantor Polisi Sektor Bontoala. Hingga hari ini, Kamis (28/01/2016), menu ini masih dibanderol seharga Rp 28 ribu.

Coto Dewi
Coto, Coto Dewi, Jalan Sunu, Olahan Daging Kerbau, Kuliner, Kuliner Makassar, Kuliner di Makassar

Seporsi Coto Dewi. (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)

Berbeda dengan coto kebanyakan, coto di Warung Coto Dewi ini berbahan dasar daging kerbau. Bahkan kekhasan ini masih dijaga hingga warung ini berusia 50 tahun, kini. Kuah cotonya begitu kental dan berasa gurih. Namun, Anda harus berhati-hati jika menambahkan sambal tauco ke dalamnya. Jika kebanyakan, kuah coto Anda bisa keasinan.



Di Jl Sunu, coto ini terletak di hadapan Mesjid Al Markaz Al Islami. Datang menikmati semangkuk coto di tempat ini hanya butuh Rp 12 ribu.

Nasi Goreng Merah
Nasi Goreng, Nasi Goreng Merah, Jalan Sunu, Kuliner, Kuliner di Makassar, Kuliner Makassar

Seporsi Nasi Goreng Merah RM Elsa. (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)

Nasi Goreng ini beraroma bawang putih yang cukup kuat. Santapnya asyik pas selagi hangat. Untuk isian, ada daging ayam, bakso, udang, sama saus tomat. Menu ini bisa Anda dapati di Rumah Makan Elsa, sekitar 30 meter dari Mesjid Al Markaz Al Islami. Harganya Rp 20 ribu untuk seporsi yang bisa disantap hingga 2 orang.

Dangkot Nasu Palekko Ayam Kampung
Dangkot, Nasu Palekko, Kuliner, Kuliner di Makassar, Kuliner Makassar, Kuliner Bugis, Olahan Ayam Kampung, Jalan Sunu

Seporsi Dangkot di Dangkot Nasu Palekko Ayam Kampung. (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)

Sesuai namanya, menu ini menggunakan ayam kampung dengan bumbu yang diracik sendiri. Konsep tentang nasu palekko-nya sedikit berbeda dengan konsep nasu palekko dari Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), misalnya. Jika di Sidrap nasu palekko merujuk ke bebek yang dimasak dengan bumbu, di sini malah berarti nasi.

Soal level pedas, Anda bisa mengaturnya sendiri karena sambal tumisnya dipisah dari Dangkot Nasu Palekkonya. Seporsinya bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 20 ribu.

Pallubasa Samalona

Pallubasa Samalona, Jalan Sunu, Pallubasa, Kuliner, Kuliner Makassar, Kuliner di MakassarSeporsi ini bisa Anda nikmati dengan membayar Rp 13 ribu. Menu ini dijual oleh Ena dan suaminya dalam warung yang mereka namai Warung Pallubasa Samalona. Warung ini berada sekitar 50-an meter setelah Mesjid Al Markaz Al Islami.

Untuk pilihan daging, para pelanggan lebih banyak memilih daging pipi. Sebab, teksturnya yang tak terlalu keras sehingga gampang dikunyah. Soal kuahnya, harum oleh rempah-rempah dan kelapa sangrai. Rasanya pun gurih.

Demikian beberapa menu makan siang yang bisa Anda jumpai di Jl Sunu. Jadi tak perlu pusing lagi kan untuk mencari menu makan siang di jalan ini?(*)


BACA JUGA