DBD

RSUD Latemmamala Soppeng Kekurangan Stok Darah A

Selasa, 15 Maret 2016 | 09:36 Wita - Editor: Syamsuddin -

Soppeng, Gosulsel.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Latemmamala Soppeng kekurangan stok darah golongan A karena tingginya permintaan kebutuhan darah untuk pasien termasuk keluhan Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Stok darah golongan B dan O di rumah sakit masih tersedia, yang kita butuhkan sekarang adalah stok golongan darah A untuk pasien DBD,” kata Sekretaris RSUD Latemmamala, Muh Said Azis,  Selasa (15/3/2016).

Adanya tambahan kantong darah dari aksi donor darah Kejaksaaan Negeri Soppeng sebanyak 94 kantong darah akan menjadi stok di rumah sakit. “Kita belum mengetahui berapa jumlah kantong darah untuk golongan A,” ucapnya.

Seperti diketahui, penderita demam berdarah yang mendapat perawatan intensif di rumah sakit tersebut hingga Februari 132 orang lebih. Penderita didominasi anak-anak di bawah umur dengan presentase 70 persen, dan orang dewasa 30 persen.

Untuk bulan Maret ini, pihak rumah sakit masih melakukan pendataan terhadap pasien penderita penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti baik yang rawat inap maupun rawat jalan.

“Saya lupa berapa datanya sekarang pasien DBD. Sementara kami data dulu karena sebagian pasien sudah keluar dan ada juga yang rawat inap,” kata Bagian Humas RSUD Latemmamala A Kurniawan, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (14/03/2016).


BACA JUGA