Wakil Walikota Makassar DR Syamsu Rizal menghadiri gerak jalan santai Lustrum Dies Natalis Fisip Unhas Yang Ke 55.
#

Wawalikota Makassar: Begal, Kejahatan Jalanan & Kekerasan Sosial

Jumat, 18 Maret 2016 | 09:02 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Pemkot mengambil kebijakan dengan target 2019 akan terpasang 1000 CCTV pada semua gedung bertingkat 3 dengan koneksi alat tersebut dengan kantor Walikota Makassar. Alat perekam itu akan membantu aparat pemerintah meminimalisasi aksi kejahatan, katanya.

Prof Andi Agustang menilai, aksi begal yang terjadi belakangan ini semakin menakutkan dan mencekam warga kota. Korban berjatuhan malah sampai ada yang meninggal karena dibengal menjadikan penghuni kota ini ada rasa takut dan rasa tidak aman kalau keluar rumah di malam hari, tegas Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-UNM ini .

pt-vale-indonesia

Aksi-aksi begal itu dalam pendekatan sosiologi masuk dalam kategori kekerasan sosial. Kenyataan demikian itu muncul dan berkembang di tengah masyarakat disebabkan kacaunya tatanan sosial selama ini, tandas profesor pertama alumni SMAN Mare Bone ini.

Ketua Prodi S1 Sosiologi FIS UNM, Idham Irwansyah Idrus dalam sambutannya mengemukakan, mahasiswa sosiologi yang memprogramkan mata kuliah kriminologi telah melakukan penelitian tentang begal dengan mengunjungi Polsek di seluruh Kota Makassar.

Kehadiran mahasiswa di lapangan sekaligus mendekatkan mereka dengan masalah-masalah sosial di tengah masyarakat, tandas Idham yang juga mahasiswa S3 Sosiologi PPs-UNM ini. (*)

Halaman:

BACA JUGA