Buku Besar dan Buku Bacaan Berjenjang Tingkatkan Motivasi Siswa Belajar

Sabtu, 19 Maret 2016 | 15:05 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Buku Besar (B2) dan Buku Bacaan Berjenjang (B3) yang dikenalkan oleh USAID PRIORITAS Ke-13 Kabupaten/Kota Sulsel telah meningkatkan motivasi siswa untuk belajar membaca.

“Saya melihat sendiri banyak sekali perubahan perilaku belajar siswa setelah kami menerapkan buku bacaan berjenjang dan big book di sekolah,” ujar Abdul Muhsin, guru  guru kelas 3 SDN Kakatua Makassar.

pt-vale-indonesia

Buku besar merupakan buku yang bisa dicetak oleh penerbit atau didesain sendiri oleh guru dengan aturan-aturan tertentu dan menyesuaikan dengan pelajarannya. Big book bisa menjadi media pengajaran alternatif bagi guru, disamping buku paket, terutama pada kelas awal.

Selain big book, USAID PRIORITAS juga mengenalkan model buku bacaan berjenjang ke khalayak Indonesia. Sebagian buku bacaan berjenjang tersebut juga berbentuk buku besar dengan ilustrasi  menarik ditujukan membuat siswa kelas awal lancar membaca dan mudah memahami bacaan.

“Membaca dan memahami bacaan adalah keterampilan dasar yang mesti dimiliki anak semenjak kelas awal. Kalau tidak, tanpa memiliki keterampilan memahami bacaan dengan cepat. Siswa seterusnya sulit menyerap pelajaran,” ujar Hamsah, penanggung jawab buku bacaan berjenjang USAID PRIORITAS, Sabtu (19/3/2016).

Halaman:

BACA JUGA