Panen Raya Padi di Takalar, Ini Pesan Dandim

Sabtu, 19 Maret 2016 | 12:41 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Jaya Sahabuddin - GoSulsel.com

Takalar, Gosulsel.com – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1426 Takalar, Letkol Kav Hendry Dikson, bersama jajaran pemerintah Kabupaten Takalar mulai dari UPTD Pertanian Polongbangkeng Selatan, Camat Polongbangkeng Selatan, BPS Takalar, Desa Moncongkomba beserta masyarakat sekitar 50 orang warga melakukan panen raya padi di Dusun Jukukang, Desa moncongkomba, Kecamatan Polsel Kab Takalar, Sabtu (19/3/2016)

Luasan lahan yang akan dipanen sekitar 10 hektar dengan hasil ubinan 5.99 kilo gram atau 9.5 ton per satu hektar. “Takalar adalah salah satu lumbung padi nasional dan kami harapkan kepada petani lebih giat untuk meningkatkan hasil panen sehingga dapat memenuhi target,” kata Hendry Dikson.

pt-vale-indonesia

Dia menyarankan agar petani menggunakan sistem penanaman padi jajar legowo 2:1. Hendry menjelaskan penanaman padi dengan sistem jajar legowo dapat meningkatkan produktifitas padi.

Cara tanam padi jajar legowo merupakan salah satu teknik penanaman padi yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman.

Sistem tanam jajar legowo juga merupakan suatu upaya memanipulasi lokasi pertanaman sehingga pertanaman akan memiliki jumlah tanaman pinggir yang lebih banyak dengan adanya barisan kosong. Selain itu sistem tanam jajar legowo juga meningkatkan jumlah populasi tanaman dengan pengaturan jarak tanam.

Halaman:

BACA JUGA