Bendungan di Hulu Sungai Rongkong Luwu akan Dibangun Tahun Ini

Kamis, 24 Maret 2016 | 20:19 Wita - Editor: Syamsuddin - Kontributor: Hidayat Ibrahim - GoSulsel.com

Palopo, Gosulsel.com -Sebanyak 13 bendungan akan dibangun di  tiga kabupaten/kota di Luwu Raya. Proyek ini ditujukan dalam rangka mendukung program suksesi pertanian dan pencegahan bencana banjir.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Wilayah Sungai Pompengan Larona, Mappile mengatakan bahwa dari sekian mega proyek itu yang menguat adalah pembangunan bendungan di hulu Sungai Rongkong.

“Ada 13 proyek bendungan yang akan direncanakan dibangun di wilayah kami yang membawahi Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur. Namun yang menguat adalah bendungan di hulu Sungai Rongkong. Kemungkinan tahun ini,” tutur Mappile ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (24/3/2016).

Dengan terbangunnya bendungan Sungai Rongkong, maka sebagian wilayah Kabupaten Luwu dan Kabupaten Luwu Utara dijamin tidak bakal lagi dilanda musibah banjir serta kekeringan.

“Seluruh kecamatan dan desa yang dilewati Sungai Rongkon bebas banjir dan kekeringan karena volume airnya bisa dikontrol dengan baik dari hulu dengan adanya bendungan nantinya,” jelasnya.

Halaman:

BACA JUGA