(Foto: Kolaborasi Kata kerja, KBjamming, dan BEM Fisip Unhas mengenang satu dekade Pramoedya Ananta Toer/Selasa, 3 Mei 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Kolaborasi Mengenang Satu Dekade Pramoedya Ananta Toer di Unhas

Selasa, 03 Mei 2016 | 17:46 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Unhas, KBJamming, dan Kata Kerja, berkolaborasi mengenang Satu Dekade Pramoedya Ananta Toer di Pelataran Baruga A. P. Pettarani.

Acara tersebut dibuat untuk menjaga spirit Pramoedya Ananta Toer dalam karya-karyanya. Sebagaimana dikatakan oleh Nita, perwakilan dari KBJamming kepada GoSulsel.com, Selasa (3/5).

pt-vale-indonesia

“Acara ini bukan sekedar untuk mengenang pram, tapi bagaimana kita bisa melihat, bercerita, dan mendiskusikan kembali bersama kawan-kawan bahwa banyak hal yang ingin diceritakan pram lewat karya karyanya,” ujarnya di sela acara.

Lewat inisiatif tersebut, KBJamming bersama Kata Kerja menggandeng BEM FISIP Unhas untuk berkolaborasi membentuk sebuah acara bertemakan ‘Nyanyian Sunyi Pram’, Satu Dekade Pramoedya Ananta Toer.

Acara ini awalnya ingin dilaksanakan pada 30 april, namun karena ada kendala teknis sehingga mesti tertunda.

“Mestinya di akhir april, maunya kita ingin mengenang satu dekade meninggalnya pram. Tapi ada beberapa teknis sehingga harus tunda tapi itu tidak menghilangkan esensi yang kita inginkan,” tambah Nita.

Kegiatan tersebut ditanggapi pula oleh Vini dari Kata Kerja. Sebagaimana Pram adalah sosok pahlawan yang menjaga ingatan-ingatan orang melalui karya sastranya.

“Acara seperti ini harus ada, karena pramodya bukan sekedar sastrawan, pramodya adalah seorang pahlawan yang menjaga ingatan-ingatan orang melalui sastra maupun karya-karyanya yang ia terbitkan,” kata Vini.(*)


BACA JUGA