Sejumlah kendaraan dan warga melintas di depan tumpukan sampah di Jl Barawaja, Sabtu (02/01/2016). (Foto: Muhaimin/GoSulsel.com)

Saenal Abidin: Persoalan Sampah di Makassar Tidak Akan Ada Habisnya

Selasa, 03 Mei 2016 | 21:04 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Sekretaris Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Makasar, Saenal Abidin menjelaskan bahwa persoalan sampah tidak akan pernah berakhir. Hal ini diungkapkan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/5).

“Persoalan kebersihan ini tidak akan pernah berakhir. Ada orang bertanya sampai kapan masalah sampah akan berakhir, saya bilang tidak akan berakhir,” kata Saenal.

pt-vale-indonesia

Hal ini diungkapkan Saenal karena melihat bahwa pertumbuhan penduduk kota Makassar semakin bertambah sedangkan bertambahnya jumlah sampah diakibatkan oleh jumlah penduduk.

“kita akan selalu adakan inovasi-inovasi dan modifikasi sesuai dengan perkembangan yang ada. Bicara masalah sampah berarti kita bicara manusia. Sebesar apa timbunan sampah itu seiring dengan pertumbuhan penduduk. Ditambah lagi masyarakat yang banyak pendatang di Makassar sebagai kota yang menjanjikan untuk kehidupan,” ungkap Saenal.

Selain itu, Saenal juga mengungkapkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat sangat menentukan juga penanganan sampah.

“Tingkat kesadaran warga harus sesuai dengan langkah kita dalam menanggulangi. Kalau kita siap menanggulangi baru warga tidak memperhatikan bagaimana mau maksimal,” tuturnya. (*)


BACA JUGA