Pengawas Sekolah di Maros Dilatih Pantau Kemajuan Literasi Sekolah

Rabu, 25 Mei 2016 | 16:08 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Maros, Gosulsel.com – Selama ini pengawas sekolah tidak dibekali bagaimana memantau tingkat kemajuan literasi di sekolah. Mereka lebih banyak dilatih memantau aspek-aspek pembelajaran dan manajemen sekolah.

Aspek-aspek yang terkait bagaimana sekolah mengembangkan budaya baca tidak mendapatkan perhatian. “Literasi merupakan salah satu pondasi utama peningkatan kapasitas anak didik. Sekolah-sekolah ke depan  harus berbasis literasi, artinya membaca dan menghasilkan karya menjadi dasar semua gerakan dan kegiatan sekolah,” ujar Jamaruddin, Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan disela-sela kunjungannya ke Maros, Rabu (25/5/2016).

pt-vale-indonesia

Kunjungan tersebut untuk melihat 42 pengawas sekolah Kabupaten Maros praktik melakukan pemantuan kemajuan sekolah dasar dan menengah yang ada di Maros. Setelah sehari sebelumnya menerima piloting projectpelatihan modul baru USAID PRIORITAS khusus untuk peningkatan kualitas supervisi para pengawas sekolah.

Menurut Jamaruddin, sekolah penting didorong untuk berbasis literasi. “Secara agama, membaca adalah perintah Tuhan yang pertama,” ujarnya.

Karena sekolah idealnya berbasis literasi, para pengawas sebagai pembina dan tenaga monitoring dan evaluasi sekolah, menurut Jamaruddin, semestinya tahu bagaimana menilai dan mendorong sekolah untuk bisa berbasis literasi.

Halaman: