(Foto: Riceball Arancini, menu khas Sisilia Italia yang hadir di kota Makassar/Minggu, 29, Mei 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Riceball Arancini, Ngemil Nasi Anti Mainstream

Minggu, 29 Mei 2016 | 20:52 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Riceball Arancini, salah satu menu makanan ringan yang mesti masuk dalam daftar kuliner anda. Pasalnya, menu satu ini terbuat dari bahan dasar nasi. Camilan yang mirip kroket bulat namun memiliki citarasa gurami (gurih manis). Sangat cocok jadi kudapan bagi anda yang suka memanjakan lidah.

“Bagian luarnya renyah gurih sedangkan di dalamanya lembut gurih. Enak dimakan selagi hangat sebagai camilan,” kata Nadila Ajeng, pemilik tenant Riceball Arancini pada Gosulsel.com, di event Makassar Demam Makan, Minggu (29/5).

pt-vale-indonesia

Bola-bola yang terbuat dari nasi dan dilapisi tepung roti di luarnya ini, umumnya digoreng. Namun ada pula yang dipanggang. Bagian luarnya renyah, sedangkan bagian dalamnya gurih dan creamy kata Ajeng, sapaan mahasiswa Ilmu Komunikasi Unhas yang sudah 6 bulan membuka usaha kuliner Riceball Arancini bersama kawan-kawan kuliahnya.

“Makanan ini berasal dari Sisilia, cemilan khas Italia, namanya Arancini atau arancine dan sudah ada sejak abad ke-10. Nama arancini sendiri berasal dari kata ‘arancina’ dalam bahasa Italia yang berarti jeruk kecil, karena bentuknya bulat dan berwarna kuning oranye seperti jeruk,” terang Ajeng.

Kelebihan lainnya dari makanan ini, menurut Ajeng, karena terbuat dari bahan nasi yang biasanya jadi makanan berat namun dikemas seperti camilan sehingga ketika dimakan jadi tidak ribet.

Umumnya, kata dia, pelanggan suka pesan makanan ini apabila lagi lapar saat sedang dalam perjalanan atau mengerjakan sesuatu tapi tidak sempat untuk makan dengan porsi berat. Sehingga memilih makan arancini yang mirip makan camilan namun dengan komposisi nutrisi seperti makan sepiring nasi dan rasanya juga enak.

Halaman:

BACA JUGA