ilustrasi KPU Sulsel

KPU: Pilgub Sulsel 2018 Butuh Anggaran Rp 600 M

Selasa, 07 Juni 2016 | 14:23 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Meski Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2018 masih dua tahun lebih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan kalkulasi anggaran yang dibutuhkan. Setidaknya, berdasarkan hitungan awal, dibutuhkan dana sebesar Rp600 milliar.

Ketua KPU Sulsel, Ikbal Latif mengatakan anggaran ini meningkat dua kali lipat, dibanding Pilgub 2013 yang menelan dana sekitar Rp 300 Miliar. Ada beberapa alasan, menurut Ikbal sehingga ada kenaikan anggaran, utamanya dana kampanye yang ditanggung oleh KPU.

“kita baru merancangnya, tapi estimasi yang ada dibutuhkan Rp600 milliar. Ini dikarenakan potensi jumlah pemilih yang bertambah, regulasi khusus terkait biaya kampanye, jumlah TPS yang meningkat dan harga logistik yang meningkat,” kata Ikbal, Selasa 7 Juni.

Ditemui seusai menemui Gubernur Sulsel, berharap anggaran ini bisa dimasukkan ke APBN-perubahan 2016. Terlebih lagi, tahapan pelaksanaan Pilgub 2018 akan dimulai bulan Agustus tahun depan.



Jika tak masuk dalam APBN-P 2016, KPU berharap sebagian anggaran sudah masuk di APBN 2017. Terkait apakah akan langsung dianggarkan dalam satu tahun atau lebih, KPU menyerahkan sepenuhnya ke pemprov.

Halaman:

BACA JUGA