Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menemukan 17 bus tidak layak operasi di terminal daya, Makassar.

500 Bus Siap Angkut Pemudik di Sulawesi Selatan

Selasa, 14 Juni 2016 | 03:42 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sulawesi Selatan menyiapkan 500 unit bus menjelang arus mudik dan balik lebaran 1437 H. Bus-bus ini akan melayani angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP).

Sekretaris Organda Sulsel, Darwis Rahim, mengatakan jumlah itu belum termasuk dari cadangan yang disiapkan oleh Perusahaan Otobus (PO), yang jumlahnya bisa mencapai 5-10 unit bus.

pt-vale-indonesia

Satu hal yang juga menjadi keluhan dari angkutan resmi adalah maraknya mobil plat hitam. Meski tahun ini telah ada tim terpadu, namun diharapkan ketegasan petugas untuk melakukan penindakan.

“Sebenarnya untuk kendaraan minibus, itu tak bisa kami prediksi jumlahnya. Pasalnya jumlah plat hitam lebih banyak dari pada plat kuning, ini harus jadi perhatian pemerintah dan aparat,” lanjutnya.

Masalah kenaikan tarif angkutan, pihak Organda mengakui selalu terjadi tiap tahun selama arus mudik. Darwis memberikan sepenuhnya ke pemerintah untuk memberikan batas toleransi dan melakukan penindakan bagi yang melanggar.(*)


BACA JUGA