(Foto: Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung membersihkan sampah di kawasan wisata Bantimurung, Maros)
#

Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusarang Bersihkan Sampah di Bantimurung

Sabtu, 16 Juli 2016 | 20:46 Wita - Editor: Irwan Idris -

Maros, GoSulsel.com — Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) bekerjasama dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Maros mengadakan Bersih Sampah di kawasan wisata alam Bantimurung pada hari Jumat, 15 Juli.

Kegiatan ini mengungsung tema ‘Ayo Jaga Kebersihan Kawasan Wisata Bantimurung’, melibatkan masyarakat sekitar kawasan wisata, pelaku usaha, serta staf Balai TN Babul dan Disbudpar Maros.

pt-vale-indonesia

Kepala Balai TN Babul Maros, Sahdin Zunaidi mengemukakan, bersih sampah ini dilakukan dengan memunguti sampah dari gerbang masuk sampai ke dalam areal air terjun Bantimurung.

“Ada sekitar 200 kantong sampah dikumpulkan,” paparnya, Sabtu (16/7/2016).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi tentang pengelolaan sampah plastik dan bank sampah. Masyarakat di sekitar kawasan wisata dan pengunjung dikenalkan tentang bank sampah sebagai suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan aktif.

Sistem ini akan menampung, memilah, dan menyalurkan sampah yang bernilai ekonomi sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah.

“Kita juga mengimbau masyarakat sekitar kawasan wisata serta pengunjung agar lebih memperhatikan sampah, terutama plastik agar membuangnya pada tempatnya,” ujarnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan sebulan sekali dengan melibatkan stakeholder terkait. (*)


BACA JUGA