(Foto: Kedai Air Tahu 43 di Jl Lombok Makassar/Selasa, 19 Juli 2016/Andi Nita Purnama/GoSulsel.com)
#

Kedai Air Tahu Legendaris, 60 Tahun Menyegarkan Dahaga Warga Makassar

Rabu, 20 Juli 2016 | 11:30 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Kedelai merupakan bahan pokok berbagai jenis makanan, seperti tahu dan tempe. Namun kedelai juga sudah banyak dimanfaatkan dengan diolah menjadi minuman susu kedelai atau dikenal juga dengan air tahu. Selain menyegarkan, minuman ini juga kaya akan kandungan gizi dan protein tinggi. Banyak orang yang mulai tertarik dengan minuman air tahu. Tak sedikit yang membuka kedai dan berinovasi dengan berbagai rasa air tahu.

Kedai air tahu Empat Tiga (43) sudah ada di tengah-tengah masyarakat Makassar sejak tahun 1954. Kedai ini dinamakan demikian karena berada di Jalan Lombok no 43. Sudah tiga generasi kedai air tahu 43 menyajikan kuliner segar dan nikmat ini. Sejak 60 tahun lalu, cita rasa air tahunya tak berubah, selalu dinanti dan disukai penikmatnya.

pt-vale-indonesia

“Rasanya diusahakan sama dengan yang dahulu, karena yang dulu-dulu kan lebih enak. Dulu banyak kedai yang jual air tahu di sekitar sini, tapi cuma kami yang bertahan,” ujar pemilik Kedai Air Tahu 43.

Air tahunya dari kedelai asli, tidak terlalu manis, aroma kedelainya terasa dan sangat menyegarkan. Tak ada bahan pengawet yang digunakan, jadi air tahu ini hanya akan bertahan 4-5 jam di suhu ruangan, dan 2-3 hari jika dimasukkan ke dalam kulkas. Satu botol air tahu bisa didapatkan dengan harga Rp10 ribu. Sebotol cukup untuk dua gelas.

Oh ya, cicipi juga bakpao dan gorengan yang tersedia di kedai ini. Bakpaonya punya berbagai isian. Ada daging ayam, daging sapi, coklat, keju, dan tausa (kacang hijau). Bakpao di kedai ini dikenal dengan kulitnya yang lebih halus dan lebih empuk. Isiannya juga banyak dan enak. Harganya sama dengan air tahu yaitu Rp10 ribu per biji.

Pengunjung juga menyukai gorengan yang dijual di sini. Gorengannya lebih crunchy dan isiannya dijamin enak. Hanya dengan Rp5 ribu per biji. Anda bisa memilih, ada roti goreng, jalangkote, dan lumpia. Dan jangan khawatir karena semua makanan dan minuman di kedai ini 100% HALAL.(*)

Kedai Air Tahu 43 di Jl Lombok Makassar:

Halaman: