(FOTO: Peserta Jumbara PMR dari 34 Provinsi di indonesia/Selasa, 26 Juli 2016/Muhammad Muhaimin/GoSulsel.com)
#

Dari Sumatera Hingga Papua, 34 Provinsi Pamer Kebudayaan di Jumbara Nasional 2016

Rabu, 27 Juli 2016 | 19:30 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Risal Akbar - Go Cakrawala

Pangkep, GoSulsel.com — Apa jadinya jika kebudayaan yang dimiliki 34 provinsi  di Indonesia dikumpulkan pada satu tempat?

Mungkin gambaran kecil tentang kekayaan budaya Indonesia dapat dilihat di lokasi Jumpa, Bakti, Gembira (Jumbara) nasional ke-8 yang dibawa langsung oleh peserta Jumbara dari daerah asalnya masing-masing.

pt-vale-indonesia

Ogoh-Ogoh, misalnya, patung berukuran besar yang dalam kebudayaan Bali dan masuk dalam ajaran Hindu Dharma, yang biasanya diarak dan hanya dapat dilihat di Bali, nampak berdiri di salah satu tenda milik delegasi provinsi Bali dan menjadi sasaran selfie beberapa pengunjung.

Tak hanya Ogoh-Ogoh, angklung, baju adat khas tiap daerah, dan beberapa hasil kerajinan tangan serta ondel-ondel turut memeriahkan lokasi Jumbara di desa Balocci, Kabupaten Pangkep tersebut.

Alat musik yang dibawa oleh peserta pun bukan hanya untuk dipamerkan, namun dapat pula dimainkan oleh pengunjung yang penasaran untuk mencoba memainkannya.

Beberapa di antara peserta berkeliling untuk menyapa pengunjung dengan menggunakan pakaian khas masing-masing dan berinteraksi langsung dengan mereka.

Halaman:

BACA JUGA