Plt Kepala Dinas Pendidikan kota Makassar, Ismunandar

Tidak Lulus SMA, Disdik akan Akomodir ke Sekolah Swasta Terbaik

Senin, 22 Agustus 2016 | 16:08 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Plt Kepala Dinas Pendidikan kota Makassar Ismunandar, menyatakan dari 100% peserta Penerimaan Siswa Baru (PSB) hanya 60% yang diterima di sekolah Negeri yang tersebar di Kota Makassar. Untuk masyarakat prasejahtera Dinas Pendidikan menyediakan program khusus bagi para siswa-siswi yang tidak lulus untuk dialokasikan ke sekolah swasta baik SMA maupun SMP.

“Kita telah berkomitmen dengan teman-teman dari masyarakat prasejahtera, cuma kendala sebenarnya terlalu memaksakan untuk masuk kesekolah negeri,” ungkap Ismunandar, usai mengikuti rapat Monitoring dan Evaluasi di Gedung DPRD Makassar, Senin (22/8/2016).

Terkait pengalihan tersebut Dinas Pendidikan berjanji akan membebaskan biaya pendidikan khusus masyarakat prasejahtera. Namun, harus ada dokumen yang membuktikan, salah satu buktinya seperti kartu perlindungan sosial dan kartu Indonesia yang dikeluarkan pemerintah.

“Beberapa kartu, baik kartu perlindungan sosial,  maupun Kartu Indonesia Pintar (KIP). kalau mereka punya ini, maka kami bisa mengarahkan mereka kesekolah-sekolah swasta untuk dibebaskan biayanya,” pungkas Ismunandar.



Dalam hal ini juga, Dinas Pendidikan sementara mengupayakan perancangan perwali bagi sekolah swasta untuk menyisahkan 15 persen kuota bagi masyarakat prasejahtera. Dimana, diharapkan sekolah-sekolah swasta punya kepedulian terhadap kondisi sosial.

Halaman:

BACA JUGA