5 Cara Perbanyak Buku Menarik di Sekolah Tanpa Gunakan Dana BOS

Kamis, 25 Agustus 2016 | 14:15 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Banyak sekolah saat ini  aktif menggerakkan budaya literasi. Mereka membuat taman baca, sudut baca dan memperindah perpustakaan agar menarik siswa mengunjunginya. Mereka juga membuat berbagai program budaya baca, membaca 15 menit sebelum pembelajaran, jam khusus  kegiatan membaca, orang tua siswa bercerita buku di sekolah dan sebagainya. Namun bagaimana kalau karena budaya baca sudah tumbuh, semua bahan bacaan habis terbaca  oleh siswa?

Salah satu kendala budaya baca adalah minimnya buku. Kalau buku sedikit, dan isinya tidak menarik, minat baca siswa juga akan turun. “Saya pernah pergi ke sekolah, banyak sekali buku yang diperuntukkan bagi siswa  tidak memancing siswa membaca. Tanpa ilustrasi, dicetak di kertas apa adanya dengan lay out yang sekedarnya saja. Padahal buku itu dibeli pakai dana BOS,” ujar Fadiah, Spesialis Pengembangan Sekolah USAID PRIORITAS, (25 Agustus 2016)

Agar koleksi buku-buku menarik di sekolah semakin bertambah, berikut ini kiat-kiat yang bisa dipakai sekolah:

Pertama: melakukan peminjaman buku pada orang tua siswa. Pada rapat bersama orang tua siswa diumumkan bahwa masing-masing orang tua siswa diminta kerelaannya untuk meminjamkan buku-buku yang menarik bagi siswa. Buku tersebut dipinjam selama satu semester atau satu tahun dan dibuatkan identitas agar diketahui siapa pemiliknya.



Halaman: