Peninjauan Lokasi SPAM Mamminasata

Kadis Tarkim Sulsel Harap DPRD Segera Keluarkan Rekomendasi SPAM Mamminasata

Jumat, 02 September 2016 | 20:52 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Iin Nurfahraeni - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Sulawesi Selatan, Andi Bakti Haruni berharap rekomendasi dari DPRD terkait proyek Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional Mamminasata dapat segera keluar.Hal ini dibutuhkan agar pemerintah pusat dapat menganggarkannya.

Ia menambahkan, Komisi D DPRD Sulsel telah melakukan peninjauan lokasi pembangunan di Bendungan Bilibili. Pembangunannya rencananya akan dilakukan pada 2018.

“Tinggal menungg rekomendasi dari dewan, jika sudah diperoleh maka pusat mengupayakan pembiayaannya,”kata Bakti, Jumat (2/9/2016).

Lebih jauh, Bakti menjelaskan target penyelesaian dalam dua tahun dengan total anggaranya mencapai Rp 1,5triliun

“SPAM Mamminasata ini, bisa mengairkan air baku sebanyak 1000 liter per detik. Bisa memenuhi kebutuhan air di Makassar, Gowa, Takalar, dan Maros,” ujar Bakti.

Untuk pembangunan SPAM ini, telah disiapkan lahan seluas empat hektare untuk proyek ini. Termasuk masalah amdal sudah siap.

“Kami harap setelah meninjau langsung lokasi proyek, tidak akan menunda-nunda lagi rekomendasi. Sehingga ini persetujuannya bisa segera disampaikan,”terangnya. (*)


BACA JUGA