(FOTO: Wali kota Makassar menyatakan bahwa event f8 tidak menyiapkan akomodasi bagi seluruh peserta/Rabu, 7 September 2016/Ahmad Syadiq/GoSulsel.com)

Ratusan Seniman Lintas Generasi Terlibat di Event Makassar F8

Rabu, 07 September 2016 | 22:08 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Irwan AR - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Sebanyak 42 penulis Makassar dari lintas generasi terlibat dalam Makassar International Eight Festival and Forum 2016 (F8). Juga dihadiri sastrawan dari dua negara sahabat, Malaysia dan Singapura.

Mereka terlibat untuk forum Fiction writer, “42 itu untuk penulis yang masuk dalam buku kumpulan puisi dan cerpen ‘Surat Cinta untuk Makassar’, belum yang datang untuk peserta diskusi dan main monolog serta pertunjukan musikalisasi puisi,” ungkap Asia Ram Prapanca, kurator Fiction Writer, di area panggung film zona 3 di Anjungan Toraja, Rabu (7/9).

Fiction writer menerbitkan buku yang berisi puisi dan cerpen bertema kota makassar yang diberi judul ‘Surat cinta untuk Makassar’.

Selain menerbitkan buku, juga penampilan puisi, pembacaan dongeng oleh Heru Pendongeng, pembacaan sastra tutur Kelong Makassar oleh Chaeruddin Hakim, penampilan monolog dari sastrawan Singapura dan Malaysia. Berlangsung di panggung zona 3 Anjungan Toraja.

“Kami melibatkan banyak pegiat dan komunitas literasi di kota ini untuk ikut menyuburkan kehidupan literasi di kota ini,” ujar Ram Prapanca.

Penulis muda yang memenangkan cerpenis terbaik kompas tahun 2016, Faisal Oddang termasuk salah satu yang mengisi buku fiction writers tersebut, ia bahkan diamanahkan untuk memandu diskusi literasi yang menghadirkan pembicara dari 3 negara serumpun, Indonesia, Malaysia dan Singapura.

“Ini momen bagi penulis generasi muda untuk mengetahui jejak perkembangan sastra di kota Makassar, karena terus saja beberapa teman penulis muda saat ini terputus dari pengetahuan sastra yang sebelumnya ada di kota ini,” ujar Faisal yang ditemui di area anjungan Toraja-Mandar.

Halaman:

BACA JUGA