(FOTO: Pelantikan ketua LAD Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL di Balla Lompoa/Kamis, 8 September 2016/GoSulsel.com)

Bupati Gowa Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua Lembaga Adat

Kamis, 08 September 2016 | 11:34 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

Gowa,GoSulsel.com – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, resmi didaulat sebagai Ketua Lembaga Adat Daerah (LAD) Kabupaten Gowa yang selanjutnya akan menjalankan fungsi-fungsi Sombayya. Adnan bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni Kr Kio, Sekda Gowa, Muchlis dan lainnya dikukuhkan sebagai pengurus LAD di Istana Balla Lompoa, Kamis (8/9/2016).

Pengukuhan sendiri berlangsung sakral dengan beberapa rangkaian acara adat. Mereka dikukuhkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Ansar Zaenal Bate didampingi Dewan Hadat Batesalapang dan unsur pimpinan DPRD lainnya. Pengukuhan itu juga ditandai dengan pemasangan Sigarra.

Usai dikukuhkan sebagai Ketua LAD, Adnan kemudian mengukuhkan LAD tingkat kecamatan. Dalam sambutannya, ia menegaskan jika LAD ini dibentuk sebagai upaya pelestarian adat istiadat dan budaya Gowa.

“Ini adalah tindak lanjut dari Perda nomor 5 tahun 2016 tentang Penataan Lembaga Adat Daerah,” katanya. Dewasa ini, menurut Adnan, Gowa telah berkembang dengan spirit nilai-nilai sejarah.

“Lembaga ini akan melihat tantangan yang semakin kompleks,” ucapnya. LAD ini, kata bupati termuda di Indonesia Timur ini, akan membentengi generasi muda Gowa dari pengaruh budaya asing yang terus menerus menggerus budaya daerah.

Halaman:

BACA JUGA