Pemotongan hewan qurban

Warga Tamangapa Makassar Potong 72 Ekor Sapi dan 8 Kambing

Senin, 12 September 2016 | 14:38 Wita - Editor: adyn - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, Gosulsel.com – Hari raya Idul Adha 2016 jatuh pada Senin (12/9/2016) dari laporan warga diketahui hewan kurbanya mencapai 72 ekor sapi dan 8 kambing.

Hewan kubran itu dipotong usai salat Idul Adha sampai beberapa hari kemudian. Demikian ditegaskan Imam Kelurahan Tamangapa Makassar, Drs H Basir Dg Sitaba, saat ditemui di kompleks Perumahan SMAN 10 Tamangapa, Senin (12/9/2016).

“Hewan kurban yang dipotong warga Kompleks SMAN 10 adalah 19 ekor sapi, setelah itu keliling memotong hewan qurban warga hingga menjelang magrib”, ujar Basir yang juga Wakasek Humas SMAN 10 Makassar ini.

Kordinator hewan qurban di kompleks perumahan itu, Dra Rosni Hamzah mengatakan bahwa sumbangan hewan qurban berasal dari keluarga besar guru SMA Negeri 10 dan masyarakat di sekitarnya, “patungan 7 orang membeli seekor sapi kemudian dipotong di hari raya,” sebutnya.

Pemotongan hewan qurban ini menurut Rosni, selain memenuhi tuntutan syariat dari agama, juga menjadi media untuk meningkatkan tali silaturhami diantara warga.

Setelah disembelih, ibu-ibu anggota arisan di perumahan tersebut akan memotong dan menimbang sebelum dibagikan ke kaum dhuafa disekitar kompleks.

Selain itu, Rosni juga menambahkan “Kegiatan qurban ini merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap sesama,” tutup guru SMP Negeri 17 Makassar ini.


BACA JUGA