(FOTO: Patung Sultan Hasanuddin di Bandara International Sultan Hasanuddin, Maros/Kamis, 22 September 2016/Adi Muammar/GoSulsel.com)

Menengok Patung Sultan Hasanuddin Senilai Rp6,5 M di Bandara

Kamis, 22 September 2016 | 17:47 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Bagi Anda yang pernah masuk ke kawasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, tentu tidak asing dengan patung setinggi 20 meter yang berdiri kokoh di tengah kawasan bandara.

Patung tersebut adalah replika pahlawan Sultan Hasanuddin atau juga dikenal si Ayam Jantan dari Timur. Patung yang telah selesai dibuat tahun 2011 ini rencananya baru akan diresmikan 19 Oktober mendatang, bertepatan dengan HUT Sulsel ke 347 tahun.

Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Latif yang ditemui usai rapat bersama dengan pihak PT Angkasa Pura 1 mengatakan rencananya peresmian patung seharga Rp6,5 milliar ini akan dimasukkan dalam rangkaian HUT Sulsel. “Kita mau ini masuk jadi momentum hari jadi Sulsel,” singkatnya, Kamis, (22/9).

Shared Services Departement Head Bandara Sultan Hasanuddin, Hary Budi Waluyo mengakui patung yang dibuat oleh seniman terkenal asal Bali yaitu Nyoman Nuarta, baru diresmikan setelah 5 tahun berdiri tegap dan kokoh di Bandara Sultan Hasanuddin.

“Pengerjaannya sudah selesai sejak 2011, tapi memang belum pernah diresmikan. Rencananya bersamaan dengan HUT Sulsel nanti. Kita akan undang juga pejabat PT Angkasa Pura pusat,” jelasnya.

Patung pahlawan nasional Sultan Hasanuddin dibiayai langsung oleh PT Angkasa Pura. Patung tersebut terbuat dari perunggu dengan tinggi 20 meter. Selain dari pusat, di APBD Sulsel 2010 juga digunakan anggaran sebesar Rp 375 juta, untuk alas dan landasan patung.

Halaman:

BACA JUGA