RSUD Pongtiku Toraja Utara Resmi Beroperasi

Senin, 31 Oktober 2016 | 21:53 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Kepala Dinas Kesehatan dr. Hendrik Kalatimang, MARS mengatakan, telah memulai satu babak baru di Kabupaten Toraja Utara ini maka perkenankan kami melaporkan bahwa sejak dimekarkannya Kabupaten Toraja Utara selama 8 tahun hari ini tanggal 31 Oktober 2016 Toraja Utara telah memiliki Rumah Sakit Umum Daerah.

Sumber dana yang dipergunakan berasal dari bantuan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dari tugas pembantuan pada tahun 2013 dan 2015 dan pada tahun 2013 dana perencanaan RSUD tingkat Pratama tahun 2015 meliputi pembangunan fisik, Ipal, pengadaan alat kesehatan kurang lebih 25 milyar dan tahun 2017 mendapatkan bantuan tambahan alkes berupa mobil ambulans dan rujukan pasien.

pt-vale-indonesia

“Sumber dana kedua Dana Alokasi Umum (DAU) 1 milyar Seratus Lima Puluh Juta Rupiah,” kata Kadis Kesehatan Toraja Utara.

Luas RSUD Pongtiku diperkirakan  6,6 Hektar (Ha) yang sudah bersertifikat dan merupakan hibah dari masyarakat KecamatanTallunglipu dan segenap masyarakat di Toraja Utara sehingga tanah ini dapat dibangun rumah sakit daerah.

Saat ini fasilitas yang tersedia yakni memiliki sekitar 50 tempat tidur, poli klinik, ruang UGD, kamar operasi, ruang laboratorium, peralatan rumah sakit berstandar rumah sakit pratama dan memiliki kapasitas listrik mencapai 100 Kilo Volt (KV) Ampere dan untuk saat ini rumah sakit pongtiku tipe D dan akan terus diupayakan untuk naik tingkat menjadi tipe C.

Halaman: