Ramdhan Pomanto, Foto: akun facebook

Bahas Musrenbang Online, Danny Jadi Narasumber di Workshop Nasional

Rabu, 02 November 2016 | 19:28 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Degina Adenesa  - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto menjadi narasumber pada Workshop Nasional dengan tema “Revitalisasi Praktik Perencanaan dan Penganggaran Partisipatif Musrenbang di Kota-kota Indonesia” di Millenium Hotel Kebun Sirih, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Lokakarya yang diselenggarakan Yayasan Kota Kita bersama Internasional NGO Forum on Indonesian Development (INFID) memang sengaja menghadirkan Danny sapaan Wali Kota Makassar membahas tentang sistem Musrenbang Online yang telah dijalankan di Makassar. Selain Danny, juga sebagai narasumber kegiatan tersebut yakni Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo.

pt-vale-indonesia

“Makassar sendiri telah menjalankan sistem online Musrenbang yang sudah berjalan dengan sangat baik dalam sistem penganggaran,” Jelas Danny.

Kata Danny, setiap kelurahan di Makassar juga sudah menuju penganggaran Rp.1-2 Milliar sehingga kelurahan dengan lebih leluasa bisa menganggarkan keinginan masyarakat kelurahan tanpa harus merasa khawatir akan hilang di Musrenbang kota atau provinsi.

Hal inilah menurut Danny berlatar belakang arsitek tersebut yang juga mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menjadikan Makassar dan Sulsel sebagai percontohan dari e-planning, e-budgeter dan e-organizer.

“Hal ini perlu untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang dan tindak korupsi,” kunci Danny. (*)

Reporter: Degina Adenessa


BACA JUGA