#

JSI: Baliho dan Acara Keagamaan Paling Disukai di Pilkada Takalar

Senin, 07 November 2016 | 09:24 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – 2 Pasangan calon bupati & wakil bupati yang bertarung di Pilkada Takalar 2017 diminta tidak asal bersosialisasi lewat atribut peraga. Pasalnya, publik di kabupaten tetangga Gowa itu, punya tingkat kesukaan yang variatif untuk alat peraga kandidat.

Berdasarkan hasil survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), sebagian besar pemilih lebih menyukai atribut peraga dalam bentuk baliho atau papan reklame. Disusul spanduk, stiker berukuran kecil yang ditempel, serta poster yang ukurannya tergolong sedang.

“Empat jenis alat peraga itu, memang paling banyak disukai masyarakat di Takalar, terutama dalam bentuk baliho. Ada sekitar 40% responden yang menjawab suka baliho di kegiatan atau sosialisasi kandidat,” terang Supervisor Pemenangan JSI, Arif Saleh, Minggu (6/11).

Selain atribut peraga, di survei JSI juga merekam jenis kegiatan kampanye paling diminati masyarakat. Paling tinggi, sebut Arif, yakni acara keagamaan, dan bakti sosial. Lainnya, seperti konser music, acara olahraga rata-rat di bawah 10%.

“Kalau berdasar potret tersebut, maka tentu kandidat dan timnya harus memperbanyak kegiatan yang bernuansa keagamaan. Karena mayoritas pemilih, lebih suka kegiatan-kegiatan seperti itu. Misal, majelis taklim, pengajian, dan ceramah agama,” tambah Arif yang lembaganya sukses merajai kemenangan pilkada di Indonesia selama tujuh tahun terakhir.

Halaman:

BACA JUGA