Nelayan Barombong, BMKG, Barombong
ilustrasi

BMKG Minta Nelayan di Sulsel Waspadai Gelombang Laut 2,5 Meter

Selasa, 03 Januari 2017 | 13:44 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Harlin - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memberikan peringatan kepada pengguna jasa transportasi laut khususnya nelayan untuk mewaspadai cuaca ekstrem. Pasalnya, gelombang laut akan tinggi disertai angin kencang.

“Kami mengimbau warga khususnya nelayan, calon penumpang kapal laut, dan warga yang bermukim di pesisir agar ‎berhati-hati terhadap kondisi cuaca ekstrem karena gelombang laut tinggi akan terjadi ketika angin kencang,” kata Kepala Sub Bidang Pelayanan dan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar, Sujarwo, Selasa (3/1/2017).

Dia mengatakan rata-rata tinggi gelombang laut di perairan wilayah Sulsel diprediksi berkisar 1,25 meter hingga 2,5 meter. Tak hanya gelombang tinggi dan angin kencang, kata Sujarwo, juga akan ada hujan lebat disertai dengan petir.

Ia berharap, para nelayan bisa mendengarkan larangan dari setiap instansi, mulai dari BMKG serta pihak lain yang berhubungan dengan cuaca.

“Jadi, bila perlu untuk beberapa hari ini, tidak pergi dulu keluar melaut sampai kondisi cuaca betul-betul bersahabat. Karena, kita tidak ingin ada hal buruk yang menimpa mereka,” ucapnya.(*)


BACA JUGA