Syahrul Bekali Pejabat Kemendagri

Senin, 30 Januari 2017 | 15:06 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Yang ideal itu, lanjut Syahrul, adalah local problem must be solved by local solution. Di situlah, katanyam peran gubernur selaku wakil pemerintah di daerah atau tangan kanan Mendagri di daerah.

“Ini berarti memperkuat peran gubernur sama dgn memperkuat wibawa Mendagri di daerah,” tegasnya.

“Jangan malah Kementerian lain tanpa sadar menurunkan wibawa dan peran gubernur di daerah. Kunjungan atau sidak beberapa menteri ke daerah tanpa kordinasi dgn gubernur adalah praktek berpemerintahan yg agak keliru bahkan menurut saya kurang etis. Masak sih masuk rumah orang tanpa sepengetahuan tuan rumah?” sindir Syahrul.

Di era yang penuh ketidakpastian ini, pesannya, kemampuan leadership harus kuat dan mumpuni. Karena itulah ia mengakui bahwa tugas kementerian dalam negeri sangat berat karena inilah yang membina seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

Ia juga menyarankan, menghadapi ekonomi yang anomali sekarang ini harusnya pemerintah membuat program-program jangka pendek yang bertujuan untuk membuka lapangan kerja, membuat irigasi dan persawahan lebih besar dan langsung terasa manfaatnya oleh rakyat.(*)

Halaman:

BACA JUGA