FOTO: Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo bersama Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono dan Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Agus Surya Bakti menggelar rapat korrdinasi pengamanan Pilkada/Kamis, 2 Februari 2017/Mirsan/Gosulsel.com

“Hoax” dan Provokasi Jadi Perhatian SYL Jelang Pencoblosan Pilkada Takalar

Kamis, 02 Februari 2017 | 22:57 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Mendekati hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pemerintah provinsi Sulawesi Selatan menggelar rapat koordinasi untuk keamanan, di Mapolda Sulsel, Kamis (2/2). Seperti diketahui, di Sulsel hanya satu daerah yang menggelar Pilkada, yakni Kabupaten Takalar yang diikuti oleh dua pasangan calon.

Rakor ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo bersama Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono dan Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Agus Surya Bakti. Rapat tertutup ini juga dihadiri oleh seluruh Kapolres yang ada di jajaran Polda Sulsel.

Kepala Satpol PP Sulsel, Iqbal Suhaeb yang ikut dalam rakor ini mengatakan salah satu yang ditekankan oleh Gubernur Sulsel dalam pengarahannya adalah masalah isu-isu tidak benar atau hoax yang mudah menyebar di media sosial atau internet. Terutama yang mengarah kepada provokasi.

“Intinya dari pengarahan Pak Gubernur adalah bahwa dinamika menjelang hari H sangat mudah berubah. Pola pikirĀ  masyarakat bisa berubah akibat pengaruh informasi yang tersebar di internet dan medsos bisa,” kata Iqbal.

Mantan Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel ini menambahkan, untuk pencegahan provokasi di medsos ini, polisi diminta untuk melakukan pengawasan melalui tim cyber crime yang ada. Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk tak reaktif menyikapi informasi hoax.

“Pak Gubernur minta kepada masyarakat agar tidak menyikapi dengan berlebihan. Masalah yang terjadi di daerah juga diminta diselesaikan di daerah dulu, jangan sampai menyebar atau ikut ditanggapi di daerah lainnya,” jelasnya.(*)


BACA JUGA