Logo BMKG

Tiba Musim Hujan, Ini Bencana Alam yang Hantam Sulsel

Jumat, 03 Februari 2017 | 15:56 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Makassar, GoSulsel.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel menyebutkan ada empat bencana yang terjadi belakangan ini mulai dari banjir, longsor, puting beliung dan abrasi.

“Dari 13 bencana yang ada di Indonesia, empat ini yang sering terjadi di Sulsel, apalagi memasuki saat seperti sekarang. Hasil analisa BMKG ini akan terjadi sampai Februari di pantai barat Sulsel dan selanjutnya akan terjadi pada April di pantai timur,” kata Kepala BPBD Sulsel, Syamsibar, Jum’at (3/2/2017).

Syamsibar menyebutkan untuk banjir, hampir mereta terjadi di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Sejauh laporan terkahir, banjir masih menggenangi 3 desa di Kecamatan Lau, Kabupaten Maros dan beberapa wilayah di bantaran sungai Welenae dna Danau Tempe di Kabupaten Wajo.

Khusus di Makassar, menurut Syamsibar, genangan air juga terjadi di beberapa titik. Seperti di perumahan Antang, Perumahan Kodam di Pai, beberapa titik di Jl Abdullah Dg Sirua dan titik lainnya.

“Untuk banjir memang sudah terjadi di beberapa daerah, utamanya pantai barat, seperti Makassar, Maros, Pangkep dan Gowa. Bencana longsor sendiri juga terjadi di Pangkep dan daerah Toraja,” jelasnya.

Sementara untuk angin puting beliung juga terjadi di beberapa titik, Maros, Pangkep dan Sidrap. Bahkan menurutnya angin kencang juga mereta di beberapa daerah dan menyebabkan pohon dan bangunan rubuh.

Halaman:
Tags:

BACA JUGA