Ilustrasi

Cuaca Buruk Ancam Lahan Pertanian di Sulsel

Senin, 06 Februari 2017 | 18:33 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Musim penghujan di Sulsel ternyata tidak terjadi secara merata. Bahkan, beberapa daerah mengalami kekeringan, hal ini tentunya berdampak pada hasil panen petani.

Sejauh ini belum ada laporan resmi soal jumlah lahan yang terdampak cuaca buruk. Pemerintah provinsi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTPH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Wagub Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan dirinya sudah meminta data lahan yang mengalami puso atau gagal panen. Diakuinya beberapa lahan pertanian yang terendam banjir atau genangan selama seminggu dipastikan akan mengalami puso.

“Saya sementara minta datanya, yang masih hijau dan baru tanaman, kalau masih dibawah satu minggu masih bisa diselematakan. Saya ke Bone kemarin di sana malah panen, ada memang yang butuh air yang belum menanam,” kata Agus, Senin (6/2/2017).

Agus juga menyebutkan beberapa lahan pertanian terutama padi terancam puso karena sebentar lagi akan panen dan masih diguyur hujan. Untuk yang baru ditanami, dirinya meminta bibit cadangan sebagai antisipasi.(*)


BACA JUGA