Toraja Masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Selasa, 07 Februari 2017 | 16:33 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Pemerintah pusat akan menetapkan Toraja sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Saat ini, sudah ada sepuluh daerah di Indonesia yang ditetapkan sebagai KSPN.

Deputi Koordinasi Bidang Sumber Daya Manusia Iptek dan Budaya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Safri Burhanuddin, mengatakan, daerah yang masuk dalam KSPN akan dibiayai oleh Bank Dunia. Saat ini, sementara dibahas agar Toraja bisa dimasukkan dalam daerah yang masuk sebagai KSPN.

“Berdasarkan rapat di Kantor Istana Wakil Presiden, telah disepakati bahwa Toraja akan masuk dalam bagian KSPN. Saat ini sudah ada sepuluh daerah, kita akan tambahkan satu lagi yakni Toraja,” kata Safri, di sela-sela Rapat Teknis Percepatan Pengembangan KSPN Toraja, yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (7/2/17).

Ia mengungkapkan, untuk percepatan yang akan dilakukan di Toraja, aksesibilitas harus dikembangkan. Karena itu, tim dari pemerintah pusat akan fokus pada aksesibilitas dalam hal ini Bandara Pongtiku dan Buntu Kuni.

“Kalau atraksi kami anggap sudah lengkap, sehingga tim akan fokus pada aksesibilitas yakni Bandara Pongtiku dan Buntu Kuni. Kami akan lihat, mana yang lebih potensial untuk dikembangkan sampai 50 tahun ke depan,” ujarnya.(*)


BACA JUGA