FOtO: Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel/Rabu, 8 Februari 2017/Mirsan/Gosulsel.com

2.715 Koperasi Tidak Aktif di Sulsel Akan Dibubarkan

Rabu, 08 Februari 2017 | 13:13 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) akan fokus untuk pengembangan Koperasi dan UKM. Kadis KUKM Syamsu Alam menjelaskan, ini berdasarkan SK Gubernur Nomor 20017/IX/2016.

SK ini tentang Penunjukan BUMN, BUMS, dan BUMD dalam rangka pembinaan koperasi percontohan retail Gubernur Sayang Mart Sulsel, maka dilakukan pembinaan terhadap Koperasi Inti dan Koperasi Unggul. Di Sulsel, jumlah koperasi mencapai 8.654 unit, terdiri dari 5.391 koperasi aktif dan 3.263 tidak aktif.

“Petunjuk gubernur, karena terlalu banyak koperasi, kami akan fokus membina koperasi. Satu kabupaten, harus muncul satu koperasi percontohan. Nah, setiap BUMN membina satu Koperasi Unggul sebagai percontohan. Lahirlah, Koperasi Gubernur Sayang Mart yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu,” jelasnya, saat Pemaparan Program Strategis SKPD Lingkup Pemprov Sulsel, di Kantor Gubernur, Rabu (8/2/17).

Dari 3.263 koperasi yang tidak aktif, selanjutnya akan dibubarkan. Syamsu Alam membeberkan, saat ini sudah ada SK Menteri terkait pembubaran koperasi tidak aktif.

“Tahun ini akan dibubarkan 2.715 koperasi tidak aktif, dan sudah ada SK Menteri. Dalam waktu enam bulan jika tidak ada tanggapan, maka akan dibubarkan. Tapi jika ada tanggapan, akan diundang kembali untuk diklarifikasi,” tegasnya.(*)


BACA JUGA