Pelatihan Membuat Kemasan Olahan Berbasis Pisang di Pinrang

Sabtu, 30 Desember 2017 | 12:44 Wita - Editor: Baharuddin -

Pinrang,GoSulsel.com – Dinas Koperasi dan UKM Pinrang menggelar pelatihan membuat pembuat olahan pisang, di M Hotel Pinrang, Jumat (29/12/2017). Sasarannya bagi industri rumah tangga mikro, kecil dan menengah.

Kadis Koperasi dan UKM Pinrang Drs Andi Hamid Sinapati mengatakan, pelaksanaan pembangunan di sektor ekonomi khususnya, bidang usaha kecil dan menengah telah memberikan hasil dan manfaat banyak ke masyarakat.

pt-vale-indonesia

Baik secara berkelompok maupun perorangan, hanya saja masih banyak menggunakan secara tradisional. 

“Ini perlu ada mengembangkan sekaligus mempercepat proses alih teknologi diperlukan MoU antara lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Institut pertanian bogor dengan Dinas koperasi dan UKM Pinrang,” kata Hamid, saat membuka pelatihan.

Dia mengatakan, MoU bisa menambah pengetahuan dan pendapatan masyarakat, melalui pengenalan teknologi pangan tepat guna, serta pemberian pemahaman perubahan pola pikir pengolahan produk pisang melalui program kegiatan fasilitasi pengembangan usaha kecil, dan menengah. 

Kabid koperasi dan UKM, Drs Muhammad Arifin, mengatakan, sebanyak 40 peserta yang mengikuti pelatihan , terdiri dari perwakilan UKM di 12 kecamatan dengan narasumber dari IPB Bogor  dan tenaga ahli.

“Sasaran yang dicapai antara lain mempersatukan usaha kecil dan menengah dengan membentuk kelompok usaha bersama (KUB), meningkatkan pengetahuan masyarakat di sektor usaha pangan Olahan Berbasis Pisang,” katanya.(*)

Kontributor: Thamrin/GoCakrawala


BACA JUGA