Wakil Gubernur Sulsel
Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang

Angka Kecelakaan Kerja di Sulsel Menurun

Kamis, 16 Februari 2017 | 17:47 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang menegaskan bahwa meskipun terjadi peningkatan pelaksanaan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tetapi masih terdapat kasus kecelakaan kerja di berbagai tempat. Bahkan di beberapa tempat, kasus kecelakaan kerja tersebut berakibat meninggalnya tenaga kerja.

Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan terjadi penurunan kasus kecelakaan kerja. Tahun 2015 lalu, 110.285 kasus kecelakaan kerja di 16.082 perusahaan, dengan korban meninggal dunia sebanyak 530 orang, kini turun menjadi 101.367 kasus yang terjadi di 17.069 perusahaan, dengan korban meninggal dunia sebanyak 2.382 orang sampai dengan bulan November 2016.

pt-vale-indonesia

“Setiap kasus kecelakaan kerja tersebut dijadikan suatu pelajaran yang berharga untuk mencegah tidak terulangnya kejadian yang sama dimasa yang akan datang,” katanya, saat menghadiri upacara Bulan K3 Tingkat Sulsel, di Lapangan Parkir Mobil Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Kamis (16/2/17).

Dirinya berharap agar ada solusi dengan melakukan berbagai perbaikan dan penyempurnaan sarana dan prasarana pelaksanaan K3 yang telah dan akan terus dikembangkan.

Dengan demikian maka semua perusahaan dapat mencegah terjadinya kecelakaan  kerja dan penyakit akibat pekerjaan yang ditekuninya oleh para pekerja.

“Upaya tersebut tentunya harus menjadi komitmen semua pihak yang terkait,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA