Andi Luhur Priyanto, Dosen Ilmu Pemerintahan di Unismuh Makassar
#

Pilkada Takalar Mesti Jadi Bahan Evaluasi Kepemimpinan di Partai Golkar

Kamis, 16 Februari 2017 | 18:42 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Fakta yang tersaji di Pilkada Takalar patut jadi pelajaran penting bagi setiap Partai Politik (Parpol). Terutama dalam mengusung calon yang akan maju dalam Pilkada atau Pileg.

Pengamat Politik Jayadi Nas mengatakan kemenangan Syamsari Kitta- Achmad Dg Sere yang hanya diusung NasDem dan PKS menjadi bukti. Bahwa keberadaan Parpol sebagai pendukung tak memberikan pengaruh signifikan di kubu Burhanuddin Baharuddin- Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng).

“Sekarang Parpol harus berhati-hati memberikan dukungan, mestinya apa yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat itu yang didorong. Ini menjadi pelajaran berharga, terutama menghadapi Pilgub,” katanya, Kamis (16/2) pada Gosulsel.com

Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Unismuh, Andi Luhur Prianto. Menurutnya gerbong besar partai politik pendukung juga bisa mogok dan tidak bisa bekerja dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat.

Dirinya menyontohkan Partai NasDem yang berhasil membuat citra dan brand kandidat sesuai apa yang diinginkan masyarakat. Serta berhasil membangun tim yang terstruktur dan rapih.

“Kita tunggu, apakah prestasi ini berbuah insentif elektoral bagi Nasdem. Sementara bagi Golkar, tentu menjadi bahan evaluasi terhadap kepemimpinan partai serta formasi dukungan, apakah masih relevan pada format koalisi besar, koalisi kecil ataukah cukup menjadi pengusung tunggal,” jelasnya.(*)


BACA JUGA