SYL Ditampuk Bicara di Depan Stakeholder Kementerian Perdagangan

Senin, 20 Februari 2017 | 20:56 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, didaulat menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan dengan tema “Tata Perdagangan untuk Gerakkan Ekonomi Domestik dan Tingkatkan Ekspor” yang berlangsung di Jakarta, Senin (21/2/2017).

Setidaknya ada lima hal penting yang dikemukakan SYL dalam rapat kerja tersebut, yakni tanggung jawab kelembagaan sampai di tingkat regulator serta operator, agenda harus jelas dan dipahami serta berkolaborasi dengan semua pelaku ekonomi, Supporting budgeter oleh perbankan, penanganan harus akseleratif dan perlu asistensi pusat serta menata perdagangan secara holistik dan kesisteman dari hulu sampai hilir.

pt-vale-indonesia

“Karena itu pentingnya  duduk bersama antara pemerintah, pengusaha dan perbankan serta perlu adanya pendekatan sektoral serta mapping kewilayahan. Hal ini menjadi salah dari titik kunci keberhasilan di sektor perdagangan seperti di Sulsel,” kata Syahrul.

Saran inipun diapresiasi oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Bahkan Mendag sendiri menyampaikan saran SYL tersebut akan menjadi agenda rutin Kemendag.

SYL sendiri didaulat menjadi pembicara pada Rapat kerja tersebut setelah Kemendag melihat sepak terjang ketua APPSI ini dalam membangun perekonomian Sulsel. Di bawah kendali pemerintahan SYL,  Sulsel menjadi daerah dengan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di atas rata rata nasional.

Halaman:

BACA JUGA