Wagub Sulsel: Bangun Infrastruktur Desa Dapat Kurangi Kemiskinan

Sabtu, 25 Februari 2017 | 11:04 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang mengungkapkan bahwa salah satu penyebab tingginya angka kemiskinan dan pengangguran disebabkan karena tidak meratanya pembangunan infrastruktur di berbagai daerah.

Dia menilai bahwa kondisi saat ini dimana pembangunan infrastruktur selalu bertumpu di pusat perkotaan saja sementara pembangunan infrastruktur di daerah daerah pedesaan masih banyak yang belum tersentuh dengan baik.

“Padahal kekuatan suatu daerah itu dimulai di pedesaan, mengingat kekuatan ekonomi Sulawesi Selatan bertumpu pada sektor pertanian. Sementara diketahui bahwa pelaku pelaku pertanian pada umumnya berada di wilayah Pedesaan,” katanya.

Agus AN juga mengungkapkan bahwa mayoritas masyarakat miskin berada di pedesaan sedangkan pengangguran lebih banyak di daerah perkotaan. Maka untuk mengatasi kondisi ini menurut Agus AN adalah memperbaiki infrastruktur pendukung khususnya infrastruktur jalan hingga di pedesaan sehingga mobilisasi pergerakan ekonomi di pedesaan akan terus berkembang.

Dengan demikian menurut Agus AN dengan berkembangnya perekonomian di pedesaan tentunya berpotensi menghilangkan masyarakat miskin di desa.

“Majunya ekonomi di pedesaan juga mengurangi keinginan masyarakat pedesaan mencari pekerjaan di kota, sehingga juga berdampak tidak menumpuknya pencari kerja atau pengangguran di wilayah perkotaan,” lanjutnya.

Hal tersebut disampaikan Agus AN ketika membuka Agro Fair dan Temu Alumni Fakultas Pertanian UIM dalam rangka Milad ke 33 Fakultas Pertanian Al Gazali UIM, di Audiotorium K.H. Muhyiddin Zain UIM, Sabtu (24/2/2017)


BACA JUGA