Perpustakaan Umum Unhas, Unhas, Perpustakaan di Makassar

Angkat Budaya Daerahnya, Dosen Eks UVRI Makassar Raih Gelar Doktor

Selasa, 28 Februari 2017 | 14:03 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Harlin - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Salah satu Alumni dan juga Dosen Eks Universitas Veteran RI Makassar, Asri, berhasil meraih gelar Predikat Doktor pada Program Pasca Sarjana UNM, Senin (27/2/2017).

Hal itu terlihat setelah 3 jam lamanya melalui ujian promosi untuk mencapai gelar Doktor di hadapan enam penguji dengan judul disertasi “Pengaruh nilai budaya Bima “Maja Labo Dahu” dan Metakognitif terhadap hasil belajar ekosistem siswa SMA Negeri di Wawo Bima.”

pt-vale-indonesia

Dalam pemaparannya, Asri mengatakan, tujuan utama sehingga mengambil judul tersebut untuk mengetahui bagaimana hasil yang dicapai dengan pendekatan nilai budaya Bima (Maja lobo dahu) dan pembelajaran kognitif. Selain itu, kata dia untuk membentuk kesadaran nilai moral dan Spritual di kalangan siswa sehingga dapat belajar secara maksimal,” jelas mantan Wakik Dekan III FKIP UVRI Makassar ini.

Lebih jauh Asri menyampaikan, penerapan pendekatan pembelajaran budaya Bima ‘Maja Labo Dahu’ dan metakognitif secara bersama-sama terbukti dapat meningkatkan hasil belajar, perencanaan diri, pemantauan diri dan evaluasi diri saat proses pembelajaran diri.

Menurutnya, penerapan budaya Bima ‘Maja Labo Dahu’ dapat terintegrasikan dalam pendidikan, tidak saja mampu meningkatkan aktivitas belajar atau hasil belajar tetapi juga dapat melahirkan karakter siswa yang religius, jujur, mandiri, kerja keras, kreatif, dan bertanggung jawab.

Halaman:

BACA JUGA