Irman Yasin Limpo

Disdik Sulsel Akan Evaluasi Sistem Penerimaan Siswa Baru SMA

Selasa, 28 Februari 2017 | 19:02 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Risal Akbar - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo akan mengevaluasi sistem penerimaan siswa baru berbasis online ditingkat SMA/SMK. Pasalnya, penerimaan siswa baru kerap dimanfaatkan oknum kepala sekolah untuk meraup keuntungan.

“Kami harap nantinya ada kajian dan evaluasi sistem. Keadaan kota lain tentu berbeda dengan Makassar dan kami samakan penerimaan siswa baru terutama di rasio kelas,” kata Irman saat ditemui di peresmian Samsung Smart Learning Class, Selasa (28/2/2017).

Dia mengatakan rasio jumlah siswa dalam kelas yang kerap diatas 30 siswa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pungli terjadi. Pungli, menurutnya, hanya bisa dicegah dengan membangun kesadaran masing-masing pada tenaga pendidik.

“Pungli itu dari dulu dilarang. Intinya memang adalah kesadaran masing masing, selain itu rasio kelas diatas 37 orang siswa juga membuka peluang untuk pungli,” katanya.

Seperti diketahui, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Makassar, Muh Yusran, sudah terlebih dahulu menghuni Lapas klas 1 A Kota Makassar untuk kasus pungli. Ia diduga mengantongi uang hingga Rp500 juta dari hasil pungutannya.(*)


BACA JUGA