#

Casting Pamanca The Movie di Parepare

Rabu, 15 Maret 2017 | 18:19 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Parepare,GoSulsel.com – Rapindo Galesong Films akhirnya menggelar casting untuk pemeran utama ‘Pamanca The Movie’ di Hotel Pare Wisata, Jl Sulawesi, Ujung Sabbang, Parepare,Selasa (14/3/2017). Hingga jelang penutupan seleksi pemain film bergenre laga ini hampir 30 orang mendaftar.

Para peserta pun datang berbagai kabupaten yang berada di sekitar Parepare, seperti Barru, Pinrang, Sidrap hingga Wajo dan Enrekang.

pt-vale-indonesia

Salah satu peserta, Andi Nurul Fitriani M, 18 tahun, mengatakan dirinya rela ke Parepare untuk mengikuti casting Pamanca The Movie. Nurul datang bersama beberapa temannya selepas sekolah di SMAN 5 Barru. Ia sendiri masih kelas 3 dan menempuh waktu sekitar 60 menit dari rumahnya di Barru.

“Saya ingin menggali bakat akting yang ada dalam diri saya. Saya adalah seorang model. Kalau pengalaman saya kebanyakan model busana dan hijab. Baru kali ini saya ikut casting main film. ” ujar warga Taneteriaja, Barru ini.

Sementara peserta lainnya Muhammad Ilham yang bercita-cita ingin menjadi anggota TNI atau Polri ini juga ingin menggali bakatnya di bidang akting. “Kalau terpilih saya pasti akan sangat senang, ” kata siswa SMK 2 Parepare ini.

Menurutnya, casting ini merupakan yang pertama baginya. Harapannya ingin menjadi bintang film.

Hingga penutupan casting perdana ini, ada 30 lebih pendaftar. Meski demikian bukan berarti animo warga kota berjuluk Bandar Madani ini rendah.

Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia (Hipmi) Parepare, Nurhidayat mengatakan jumlah ini sudah tergolong banyak sebab animo warga Parepare sendiri terhadap film memang tidak sama dengan kota Makassar atau DKI Jakarta.

“Animo masyarakat Parepare memang masih rendah. Masih banyak yang malu di depan kamera. Saya tadi saja jemput tiga orang peserta di bawah (hotel) karena mereka malu. Saya tanya mereka kenapa tidak naik langsung (casting). Katanya malu. Nah ini yang saya maksud.” ujar Nurhidayat yang bekerjasama dengan Rapindo Galesong Films untuk menggelar casting.

Menurutnya, Rapindo Galesong Films yang pertama menggelar open casting. Meski diakui  bahwa di Parepare juga banyak sineas muda memproduksi film lokal. Tapi mereka open recruitmen atau langsung merekrut pemain. “Bukan open casting. ” ujarnya.

Sementara juru bicara ‘Pamanca The Movie’ Andi Iwan mengatakan casting akan mencari pemain utama. Selain Parepere, juga akan digelar juga di Bone, Bulukumba dan Makassar.

Ia mengaku kondisi casting antara kota besar dan di kabupaten/kota memang sangat jauh berbeda. Kota besar biasanya ada pentolan sekolah akting dan perfilman. Jadi memudahkan calon pemeran untuk menggali bakat aktingnya. Mereka tidak kaku di depan kamera.

Dengan jumlah 30 orang, kata dia, cukup bagus karena kru casting bisa leluasa menggali potensi para peserta. Sebab satu orang peserta membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Menurutnya inilah tantangan untuk mencari bibit aktor lokal Sulawesi Selatan. “Mau tidak mau kami harus melakukannya untuk mencari bibit lokal untuk berperan sebagai pemain utama dan bermain dengan pemain nasional level A, ” kata Andi Iwan.

Diberitakan sebelumnya jika film kolosal pertama di Indonesia Timur ini akan dibintangi oleh aktor laga Asia, Jackie Chan dan Jet Li dan aktor nasional level A.

Lanjut di kabupaten Bone pada 16 Maret 2017. Lokasi casting bertempat di Hotel Wisata Watampone, Jln Jenderal Sudirman No. 14 Watampone, Manurunge Tanete Riattang, Bone.

Casting berikutnya di Kabupaten Bulukumba, pada tanggal 18 Maret 2017 di Hotel AGRI, Jl. R Suprapto No.18, Tanah Kongkong, Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba.

Seleksi pemain berikutnya di Kota Makassar. Di sini casting akan dibuka diHotel Clarion pada tanggal 20 dan 21 Maret 2017.(*)