FOTO: Para perantau Bugis asal Kabupaten Soppeng, datang dan berkumpul di Taman Kalong, Kota Watan Soppeng, Rabu malam (22/03/2017)/Muhammad Yusuf/Gosulsel.com

Perantau Bugis Soppeng Hadiri Malam Mappalettu Uddani

Rabu, 22 Maret 2017 | 23:16 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Yusuf Muhammad - Go Cakrawala

Soppeng, Gosulsel.com — Para perantau Bugis asal Kabupaten Soppeng, datang dan berkumpul di Taman Kalong, Kota Watan Soppeng, Rabu malam (22/03/2017). Para Pasompe (perantau) itu hadir untuk mengikuti acara Malam Mappalettu Uddani atau melepas rasa rindu.   

Kemeriahan acara temu kangen 40 orang perantau Soppeng itu diawali oleh sebuah nyanyian yang dilantunkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Soppeng, Andi Unru Mappejanci berjudul Labuni Essoe (Tenggelamnya matahari).

pt-vale-indonesia

Bupati Soppeng, A, Kaswadi Razak memberikan kain sutera kepada para perantau yang diwakili oleh ketua Kerukunan Keluarga Soppeng (KKS) Tarakan Arwin Wel.

Para passompe yang hadir di antaranya dari daerah Tarakan, Nunukan, Malaysia, Parepare, dan Makassar.

Bupati Soppeng dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para perantau yang datang untuk melihat daerah kelahirannya di Bumi Latemmamala.

Kegiatan Mappalettu Uddani ini diadakan bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Soppeng ke-756. Acara melepas rindu ini pun diharapkan jadi momentum bagi masyarakat Soppeng agar terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam membangun Kabupaten Soppeng.

“Ini inspirasi pemerintah dengan harapan bagi perantau dibutuhkan pemikiran-pemikiran membangun Soppeng,” kata Kaswadi.

Di hadapan para perantau. Kaswadi juga meminta agar orang-orang Soppeng di perantauan memberikan masukan dan kritikan pada pemerintahannya memimpin Soppeng.

“Akan sempurna berkontribusi nyata terhadap daerah sehingga masyarakat menikmati kehidupan yang layak,” ungkapnya.

Acara Mappalettu Uddani yang diagendakan tiap tahun ini diakhiri dengan peragaan busana kain sutera oleh Ketua Tim Penggerak PKK Soppeng dan wakilnya, Ketua Bhayangkari Polres Soppeng, Ketua Kartika Candra Kirana Kodim 1423 Soppeng dan ibu Sekda Soppeng.(*)