Wajah Baru Asrama Haji Sambut JCH 2017

Jumat, 24 Maret 2017 | 15:32 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Pemerintah  terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan ibadah Haji di Sulawesi Selatan, dengan terus membenahi berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh para calon tamu Allah. Fasilitas yang kini telah rampung pengerjaannya, Asrama Haji yang berlokasi di Sudiang Makassar.

Asrama Haji tersebut akan diresmikan pada tanggal 4 April mendatang yang rencananya akan di hadiri oleh Menteri Agama, Lukman Syaifuddin. Hal ini diungkapkan oleh Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Makassar H. Muhammad Nazir ketika diterima oleh Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang di Kantor Gubernur, Jumat (24/3/2017).

“Pembangunan Mock Up pesawat boeing di area Asrama Haji, kini pembangunannya sementara berjalan. Mock Up tersebut menyerupai pesawat boeing dan memiliki dua toilet dengan kapasitas 90 tempat duduk,” katanya.

Mendengar laporan Kepala UPT, Agus AN yang juga adalah Ketua Persaudaraan Haji Indonesia Sulsel mengapresiasi pembangunan Mock Up. Ini akan menjadi tempat pembelajaran bagi calon jamaah haji ketika berada di pesawat.

Proses pembangunan miniatur pesawat ini atas permintaan Komisi 8 DPR RI agar Asrama Haji Sudiang Makassar juga dibangun Mock Up pesawat. Dimana sebelumnya telah dibangun di Asrama Haji Medan Sumatera Utara.

“Kalau bisa Mock Up tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh sekolah pramugari, karena bentuk dan fasilitas Mock Up pesawat tersebut betul-betul menyerupai pesawat terbang boeing yang digunakan oleh calon jemaah haji,” jelasnya.

Dia juga meminta kepada Kepala UPT agar berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura untuk meminjam eskalator Bandara Hasanuddin yang tidak terpakai, agar bisa digunakan di Asrama Haji sebagai sarana latihan bagi calon jemaah haji yang belum pernah menggunakan fasilitas “tangga Berjalan” tersebut.

Terkait dengan pemanfaatan Asrama Haji Sudiang, Agus AN berharap agar di kelola secara syariah, dimana setiap lantainya di sediakan Musholah, sehingga jamaah tidak kesulitan untuk mencari tempat salat. (*)


BACA JUGA