Perbaiki Dapodik, Disdik Sulsel Lakukan Pekan Integritas Sekolah

Senin, 17 April 2017 | 11:58 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Sekolah kini tak bisa melakukan manipulasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk untuk menyelewengkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Bahkan, ancaman berat dari Dinas Pendidikan menanti bagi oknum yang melakukannya.

Dinas Pendidikan melalui Pekan Integritas Sekolah melakukan penandatanganan antara kepala sekolah SMA, pengawas sekolah dan operator Dapodik. Kegiatan ini dilakukan di SMAN 3 Makassar, Senin (17/4/2017)  dan dihadiri perwakilan SMA se-Makassar, Maros dan Gowa.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan pakta integritas ini merupakan bentuk apresiasi pihaknya kepada SMA/SMK yang sukses menggelar Ujian Nasional (UN), USBN dan US. Di mana pelaksanaan ujian tersebut memiliki tingkat interitas yang tinggi.

“Selama ini penyaluran dana BOS berdasar dapodik yang diinput oleh sekolah, sekarang kita bandingkan dengan data dasboard yang diambil langsung ke sekolah. Ini akan menjadi acuan kita untuk penyaluran triwulan berikutnya,” kata Irman.

Salah satu hal pokok yang akan diverifikasi dan divalidasi oleh pengawas adalah Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang menjadi dasar pemberian dana BOS. Mulai dari jumlah siswa, tenaga pendidik dan kependidikan serta sarana dan prasarana yang tersedia.

Sebagai percontohan, Pekan Integritas Sekolah akan dilakukan di 157 SMA dan 68 SMK se Makassar selama satu minggu. Hasil verifikasi faktual ini akan diserahkan kembali ke sekolah untuk diperbaiki.  (*)


BACA JUGA