Walikota Makassar, Danny Pomanto bersama Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo meluncurkan Program Pinisi Bagi Negeri.

Walikota & Gubernur Luncurkan Pinisi Bagi Negeri di Makassar

Jumat, 21 April 2017 | 17:39 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Wandy - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Walikota Makassar, Danny Pomanto bersama Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo meluncurkan Program Pinisi Bagi Negeri.

Peluncuran ini merupakan salah satu komitmen PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam pelestarian terumbu karang dan pengembangan edukasi budaya kemaritiman dan konservasi lingkungan di Makassar.

pt-vale-indonesia

Melalui program tersebut, TAM akan berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan terumbu karang di kawasan laut kota Makassar. Di samping itu juga disertakan kegiatan edukasi budaya maritim kepada generasi muda dan masyarakat.

Program ini merupakan bentuk kerja sama TAM dengan pemerintah kota Makassar, Kalla Toyota sebagai founder dealer Toyota di Sulawesi Selatan, serta Yayasan Makassar Skalia.

“Kenapa penting bagi anak- anak kita, karena Pinisi adalah lambang kota, lambang semangat, mempersatukan dan menyambung budaya kita. Saya kira dengan kekuatan pinisi ini, jika Indonesia ingin menjadi poros maritim dunia, maka Makassar harus menjadi centre poin poros maritim Indonesia,” ucap Danny.

“Saya kira budaya, ikon, dan pembuktian sejarah itu ada di pinisi. Kita dipersatukan dari semangat pinisi. Lambang bahwa orang Makassar itu risk taker. Itu adalah budaya maritim kita. Karena di laut itu penuh resiko membuktikan orang Makassar berani mengambil resiko walau badai apapun menghadang,” katanya melanjutkan.

(Perahu) Phinisi Bagi Negeri yang diluncurkan bertepatan hari kartini itu disebut- sebut berjenis kelamin wanita. Hal ini dikarenakan saat awal Ia menyentuh bibir air agak miring ke sisi kiri. Olehnya itu, Danny sapaan wali kota berharap ke depan, Toyota bisa menghadirkan satu lagi yang berjenis kelamin laki- laki.

“Pak Gubernur juga menyampaikan sekiranya pemerintah juga mesti memiliki satu (perahu pinisi). Insya Allah, akan menjadi inisiasi yang luar biasa terutama karena kita siapkan fasilitas pembelajaran untuk anak sekolah agar mereka mengenal pinisi tidak dari gadget semata, tapi bisa melihat bentuk aslinya secara langsung,” tambahnya.

Tinggal kata Danny dirinya akan meminta bantuan kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo agar bisa dibantu menghadirkan fasilitas dermaga khusus pinisi dan berbagai fasilitas pendukung lainnya ke depan.

Sementara itu, vice president director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto mengatakan Pinisi Bagi Negeri adalah program terpadu untuk melakukan pelestarian lingkungan.

Dalam program ini dikembangkan kapal pinisi yang merupakan salah satu icon sejarah bagi masyarakat Bugis- Makassar serta dikembangkan program edukasi tentang budaya maritim dan konservasi lingkungan di atas kapal pipis.(*)


BACA JUGA