BPBD Simulasi Bencana Banjir Bandang di Sinjai

Rabu, 26 April 2017 | 17:53 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Sinjai,GoSulsel.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Sinjai gelar simulasi penanggulangan bencana banjir bandang. Simulasi dilakukan di Desa Bongki Lengkese, Kecamatan Sinjai Timur, Rabu (26/04/2017).
 
Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari Kesipasiagaan Bencana Nasional dengan mengangkat tema “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana”. Dengan #SIAP UNTUK SELAMAT”. Kegiatan ini serentak dilaksanakan disemua daerah di Indonesia. Jelas Junaedi. 
 
Kepala BPBD Kabupaten Sinjai, Junaidi Mustafa mengatakan, tanpa peringatan kesiap siagaan ini, pihak BPBD Sinjai sebenarnya tiap tahun melaksanakan kegiatan simulasi. 
 
Hal ini bertujuan untuk memastikan kesiapan kita,  termasuk mengukur personil, dan peralatan yang akan digunakan, sehingga ketika terjadi bencana pihak BPBD sudah siap baik dari sisi penanganan maupun penanggulangannya, karna bagaimanapun juga ini adalah bentuk tindakan kemanusian. 
 
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sinjai Ahmad Karim mengatakan “Dalam simulasi yang digelar oleh tim Rescue BPBD Sinjai tersebut, ada dua tindakan evakuasi yang dilakukan, yaitu evakuasi melalui jalur darat,  dan evakuasi melalui jalur sungai dengan menggunakan perahu karet dan tali”. Kata Ahmad Karim.
 
Sementara itu Kepala Desa Bongki Lengkese A. Muh. Djamil mengatakan sangat bertetima kasih kepada Pemerintah daerah yang telah melaksanakan kegiatan simulasi penanggulangan bencana ini,  karna tentu memberikan  informasi  kepada masyarakat tentang tindakan apa yg akan dilakukan jika terjadi bencana. 
Karna tahun 2006 terjadi banjir bandang di Sinjai,  dan korbannya banyak dari Desa Bongki Lengkese.
 
Dari pelaksanaan kegiatan simulasi, nampak terlihat beberapa tanda yang dipasang oleh tim Rescue,  diantaranya jalur evakuasi,  tempat pengungsian,  tempat tim medis,  mobil simulasi bencana, dan dapur umum.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPBD kabupaten Sinjai, para pegawai BPBD, Kapolsek Sinjai Timur, relawan  tim rescue, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD,  tim medis dari RSUD Sinjai,  Kepala Desa Bongki Lengkese, warga masyatakat Bongki Lengkese.

 

 


BACA JUGA