Tata Cara Berhaji di Maros Ditanamkan Sejak Usia Dini

Rabu, 26 April 2017 | 18:01 Wita - Editor: adyn - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros, GoSulsel.com – Puluhan murid Taman Kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Maros mengikuti praktek berhaji. Kegiatan ini berlangsung dilapangan Pallantikang kompleks Pemerintah Kabupaten Maros.
Meski dibawah cuaca terik, para murid TK itu tetap semangat mempraktikkan proses ibadah haji, termasuk melakukan tawaf di miniatur Ka’bah yang dibuat khusus untuk kegiatan ini.

Ketua Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (FKG-PAI) Taman Kanak Kanak Maros Herdiana mengatakan, praktek manasik haji ini merupakan program rutin setiap tahun FKG-PAI Maros, Rabu (26/4/2017).

“Selain merealisasikan program, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar murid TK, guru dan para orang tua,” ujar Herdiana kepada wartawan Gosulsel.com.

Saat kegiatan berlangsung, para murid terlihat antusias mengikuti rangkaian ibadah haji. Sementara soal seragam, murid laki-laki mengenakan baju ihram dan gamis putih untuk murid perempuan. Mereka berjalan ditemani ibu dan guru pendamping.

Kegiatan yang dihadiri Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Maros, Suraida Hatta dan Kepala Kemenag Maros Syamsuddin ini dinilai penting sebagai pembelajaran bagi murid TK agar mereka dapat mengetahui sejak dini rangkaian kegiatan rukun Islam yang ke-5 tersebut.

Kemenag Maros, Syamsuddin mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini karena permintaan umrah dan haji semakin meningkat dari tahun ke tahun. Serta dapat menanamkan sejak dini bagi anak-anak pentingnya berhaji sebagai cita-cita para Muslim.

“Kami anggap ini penting bagi anak-anak, selain untuk memberikan pemahaman yang lebih mengenai Rukun Iman juga mereka sejak dini diberi paham akan pentingnya dalam beribadah,” tambahnya.


BACA JUGA