Setelah Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Masih Stabil di Makassar

Selasa, 04 Juli 2017 | 12:48 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Setelah lebaran dan libur panjang, harga kebutuhan pokok masih stabil. Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh KPPU masih dipatuhi oleh para pedagang. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPPU Makassar, Ramli Simanjuntak, saat dihubungi Gosulsel.com, Selasa (04/07/17).

“Harga yang sidah diatur HET kemarin masih tetap berlaku. Malah akan dikaji untuk penetapan HET barang keperluan pokok lainnya untuk stabilitas harga,” ujarnya.

Dilanjutkannya, pihaknya masih menunggu hasil kajian dari Kementerian Perdagangan RI (Kemendagri) terkait Harga Eceran Tertinggi tersebut.

“Kalau penentuan harga kan tetap di Kemendag, kita tunggu hasil kajian mereka,” ungkapnya.

Namun, masih saja ada oknum pedagang di lapangan yang diduga bermain curang. Hal ini akan diteliti lebih lanjut oleh pihak KPPU. Temuan sementara ini yaitu pada pasokan gula.

“Bukan haganya yang dinaikkan, tapi kurangnya pasokan. Kadang ada, kadang tidak ada,” jelasnya.

Dikatakannya, kekurangan pasokan ini ditemukan di beberapa tempat termasuk di Manado. Di daerah Sulawesi Selatan, gula pasir kemasan (Gulaku) ditemukan di salah satu toko ritel di Kabupaten Selayar dibanderol dengan harga Rp 20 ribu per kg yang seharusnya hanya Rp13.675 per kg.

“Makassar masih tidak ada temuan, masih sesuai,” tutupnya.(*)


BACA JUGA