Ilustrasi

Golkar Sulsel Rampungkan 7 Calon Kepala Daerah

Sabtu, 08 Juli 2017 | 20:57 Wita - Editor: adyn - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Tim 9 Penjaringan DPD I Golkar Sulsel merilis nama – nama bakal calon Kepala Daerah yang terjaring untuk diusung pada Pilkada serentak tahun 2018 mendatang. Hanya memang dari 12 Kabupate/Kota se Sulsel yang akan menggelar Pilkada, baru 7 DPD Golkar yang telah menyetorkan nama – nama dan berkas hasil penjaringan.

Ketua Tim 9 Golkar Sulsel, Kadir Halid mengungkapkan, ke tuju daerah tersebut, yakni Sidrap, Bone, Jeneponto, Luwu, Pare-Pare, Makassar dan Pinrang.

“Lima darrah lainnya kita tunggu sampai tanggal 10 (Juli), karena masih ada beberapa yang saat ini melakukan penjaringan, jadi belum bisa mereka setor. Yang jelas kita kasih waktu hingga Senin depan,” kata Kadir Halid saat memberikan keterangan pers di Cafe Gastros Mall Ratu Indah (MaRI), Jalan Ratulangi, Makassar, pada Sabtu (8/7/2017).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu ini menuturkan bahwa, saat ini baru pasangan Andi Fashar Padjalangi – Ambo Dalle sebagai Cakada yang menerima rekomendasi resmi dari DPP Golkar. Meski begitu Kadir yang tak lain adalah Ketua Komisi E DPRD Sulsel ini memastikan bahwa Golkar akan mengusung Taufan Pawe di Pilkada Parepare dan Iksan Iskandar di Pilkada Jeneponto.

“Tapi kan, masih diminta untuk mengusulkan calon wakilnya, jadi belum keluar SK (surat keputusan) rekomendasinya,” ucap Kadir.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa ada dua daerah yang mengalami penambahan nama Cakada setelah diperoses oleh Tim 9 Golkar Sulsel. Yakni Kabupaten Luwu dan Kota Makassar. Hal ini karena dianggap ada yang potensial untuk menang di Pilkada.

Untuk penambahan Cakada Luwu, yakni Basmin Mattayang, Syukur Bijak, Amru Saher dan Bahrianto Bahtiar. Sementara untuk Makassar, yakni Husain Abdullah, Syamsu Rizal, Rachmatika Dewi dan Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. 

“Dan diskresi (untuk DPD II) itu sebetulnya tidak ada. Jadi kita di DPD I bisa buka penjaringan lagi. Seperti yang dilakukan ini,” ucap Kadir.

Dia menjelaskan, Golkar melakukan perekrutan calon kepala daerah dengan menggunakan sistem penjaringan. Penjaringan yang dimaksud, kata Kadir, dengan menampung aspirasi dari pengurus Golkar di tingkat desa, kecamatan hingga akhirnya diplenokan di DPD II kabupaten/kota, sebelum akhirnya diserahkan ke DPD I Golkar Sulsel.

“Kecuali Kota Palopo, itu melakukan sistem yang beda, yaitu dengan cara pendaftaran. Tapi itu dibenarkan. Kita tunggu saja hasilnya,” pungkasnya. 

Berikut nama-nama bakal calon bupati/wali kota dari 7 daerah:

Sidrap:
1. Ali Syarif
2. Dollah Mando
3. Fatmawati Rusdi Masse
4. Ilham Junaidi
5. Ramli Manong
6. Andi Sukri Baharman
7. Zulkifli Zain

Bone:
1. Andi Fashar Padjalangi
2. Ambo Dalle

Jeneponto:
1. Iksan Iskandar

Luwu:
1. Patahuddin
2. Zul Arrahman
3. Basmin Mattayang
4. Sukur Bijak
5. Amru Saher
6. Bahrianto Bahtiar

Pare-Pare:
1. Taufan Pawe

Makassar:
1. Kadir Halid (tidak bersedia)
2. Farouk M Berta
3. Rahman Pina
4. Andi Nurman
5. Rusdin Abdullah
6. Husain Abdullah
7. Syamsu Rizal
8. Rachmatika Dewi
9. Moh Ramdhan Danny Pomanto

Pinrang:
1. Abdullah Natsir
2. Abdul Latief Maslam
3. Darwis Bastama
4. Irwan Hamid
5. Usman Marham


BACA JUGA